Mendeley: Import Referensi dari Google Scholar dan Google Books

Banyak cara untuk mengisi library Mendeley, di antaranya dengan mengimport metadata dari Google Scholar dan Google Books.

Mengambil Data pada Google Scholar

Cara ini sama dengan cara “EXPORT”, yakni dengan meng-export atau mengunduh file RefMan pada metadata buku atau artikel di Google Scholar seseorang yang akan kita rujuk (sitasi). 

Sebagai contoh, kita buka profil Google Scholar Prof. Azyumardi Azra. Kita mau sitasi buku Jaringan Ulama Timur Tengah.

Langkah 1, klik judul buku tersebut.

Langkah 2, klik judul buku pada tampilan berikutnya.



Langkah 3, klik icon petik (")

Langkah 4, klik RefMan untuk mengunduh metadata. Metadata akan terunduh dengan nama "scholar" (boleh di-rename), dalam bentuk RIS File.



Langkah 5, adalah memasukkan RIS File ke Library Mendeley dengan cara Import. Buka Mendeley Desktop > File > Import > RIS > arahkan ke folder file RIS terdownload.



Langkah 6, klik file RIS yang dimaksud, lalu klik Open, maka metada akan masuk ke Library Mendeley.


Cara ini bisa dilakukan untuk mengimport metadata "artikel" pada Google Scholar. Browsing artikel yang dikehendaki dalam Google Scholar. JIka sudah ketemu artikel yang dimaksud, ulangi langkah 1 s.d. 6 dengan objek metadata artikel.

Mengambil Data pada Google Books

Silakan buka browser Anda, ketik Google Books.


Sebagai contoh kita browsing buku psikologi perkembangan. 



Kita klik judul yang dimaksud. Pada tampilan berikutnya, klik pada bagian Create Citation.




Setelah file RIS (RefMan) atau BibText terunduh, selanjutnya masukkan ke Library Mendeley, dengan mengikuti Langkah 5 dan 6 pada pembahasan import data dari Google Scholar.

Selengkapnya lihat paparan berikut:

CATATAN: Metadata hasil import, baik lewat Google Scholar, Google Books ataupun Mendeley Web Importer, perlu dicek kembali kelengkapannya metadata-nya pada Library Mendeley. Pada buku, biasanya belum ada data kota terbit. Dalam style APA, kota terbit tidak disyaratkan, akan tetapi dalam style yang lain masih diperlukan.


_________

Postingan diperbarui tanggal 5 Agustus 2021.

0 Comments