Aims-Scope dan Jounal Value

Perumusan Aim and Scope adalah hal yang sangat penting dalam memulai pengelolaan jurnal ilmiah, bahkan sebelum jurnal akan dibentuk. Aim dan Scope adalah dua komponen penting dari deskripsi jurnal, yang membantu menentukan arah dan target jurnal tersebut. Ini membantu memastikan bahwa jurnal memfokuskan pada bidang ilmu yang tepat dan membatasi wilayah yang akan diterbitkan.

Untuk membuat rumusan Aim dan Scope yang baik, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Aim: Tujuan jurnal harus jelas dan spesifik. Misalnya, jurnal yang berfokus pada bidang ilmu ABCD harus menentukan tujuannya secara jelas, seperti "Menyediakan forum bagi para peneliti dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka tentang bidang ilmu ABCD".

Scope: Wilayah yang akan diterbitkan harus jelas dan terbatas. Misalnya, jurnal yang berfokus pada bidang ilmu ABCD harus menentukan wilayahnya secara jelas, seperti "Mencakup semua aspek teori dan praktik dalam bidang ilmu ABCD, termasuk metodologi, aplikasi, dan pengembangan".

Relevansi: Aim dan Scope harus relevan dengan perkembangan dan kebutuhan dalam bidang ilmu yang bersangkutan.

Konsistensi: Aim dan Scope harus konsisten dengan isi jurnal, atau sebalinya artikel yang diterbitkan harus sesuai dengan Aim dan Scope. Aim dan Scope harus memastikan bahwa jurnal tersebut menyediakan informasi yang berguna dan relevan bagi para pembaca.

Journal value sangat terkait dengan aspek relevansi. Value jurnal akan menunjukkan apa yang dianggap penting dan memberikan identitas unik bagi jurnal. Hal ini dapat membedakan jurnal dari jurnal lain dalam bidang yang sama dan memfasilitasi pemahaman para pembaca dan penulis tentang apa yang diterbitkan dalam jurnal. Dengan demikian, value yang diperjuangkan juga akan membantu memastikan bahwa jurnal memiliki relevansi dan memenuhi kebutuhan para pembaca dan masyarakat ilmiah. Oleh karena itu, memperjuangkan value tertentu adalah hal yang penting bagi jurnal untuk memastikan bahwa jurnal memiliki identitas dan pengaruh positif pada perkembangan ilmu. 

Dengan demikian, rumusan Aim dan Scope yang baik harus jelas, spesifik, relevan, dan konsisten dengan isi jurnal. Ini akan membantu mengarahkan jurnal dan memastikan bahwa jurnal memenuhi kebutuhan dan harapan para pembacanya.[]


Jurnal perlu memiliki value yang diperjuangkan (Erie Haryanto, 2021)

0 Comments