Mencari Profil Jurnal pada Indeksasi Dimensions

 



Tutorial ini saya buat berdasar beberapa pertanyaan pengelola jurnal baru, "Bagaimana mendaftarkan jurnal pada indeksasi Dimensions?" Beberapa kali pertanyaan itu terlontar, dan saya jawab, "Tidak perlu mendaftar. Jika jurnal sudah mempunyai DOI aktif dan isian metadata sudah benar -insya Allah- pasti ada di Dimensions."

Caranya bagaimana, silakan masuk ke laman Dimensions: https://app.dimensions.ai/discover/publication sebagaimana terlihat pada tangkap-layar sebagai berikut:



Selanjutnya, letakkan kursor pada kolom pencarian di laman tersebut.



Ada tiga cara pencarian: 1) Full data (isikan nama jurnal), 2) Article and Abstract (isikan salah satu judul artikel jurnal), 3) DOI (masukkan prefix-nya misal:  10.22222/abcd). Pilih salah satu.

Pada simulasi ini kita mencoba mencari dengan menggunakan cara pertama, masukkan nama jurnal pada kolom pencarian di laman Dimensions,



Lalu klik enter, maka akan tampak seperti tampilan berikut:




Selanjutnya lihat ke bagian pojok kanan bawah di laman dimension pada menu SOURCE TITLES, lihat hasil tangkap layar berikut:  

  



Selanjutnya klik pada nama jurnal yang dimaksudkan, maka akan terlihat seperti hasil tangkap layar berikut: 




Selanjutnya silakan copy penuh URL di sisi atas tab:




Diperoleh URL Profil Jurnal sebagai berikut: 

https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&search_text=walisongo%20jurnal%20penelitian%20sosial%20keagamaan&search_type=kws&search_field=full_search&and_facet_source_title=jour.1149553

Selanjutnya link-kan ke Icon (logo) Dimensions pada halaman lembaga pengindeks.



Semoga bermanfaat.

0 Comments