Memasukkan Metadata Unggahan di Zenodo ke ORCID


Pada hari Sabtu yang lalu (18/9), saya diminta hadir di rapat redaksi sebuah jurnal di UIN Walisongo. Setelah selesai, di tengah suasana santai beberapa dosen minta dicontohkan cara membuat akun dan profil ORCID. Lalu saya ajarkan cara membuat akun, mengisi profil, dan memasukkan artikel secara manual, melalui DOI artikel jurnal, dan melakukan add to ORCID dari Crossref.

Pada tulisan ini saya mencoba sharing bagaimana memasukkan metadata unggahan di Zenodo (artikel, presentasi, dan lain-lain) ke profil ORCID dengan cara cukup memasukka DOI (tanpa harus menuliskan judul artikel). Tutorial ini bisa diterapkan untuk memasukan data dari artikel jurnal, dengan syarat DOI sudah aktif.

Syarat untuk mengukuti tutorial ini adalah Anda sudah punya akun di ORCID dan akun di Zenodo, dan yang penting lagi sudah punya unggahan di Zenodo. Unggahan tersebut bisa berupa artikel, presentasi, dan lain-lain.

Langkah pertama, silakan Anda login ke orcid.org. dengan email atau ORCID ID Anda, atau dengan Google Account Anda.


Setelah login, silakan menuju dashboard works, lalu klik Add DOI



Maka akan muncul tampilan seperti screenshot berikut ini.



Selanjutnya silakan menuju website zenodo.org, dan carilah artikel atau unggahan Anda di sana (tidak harus login ke Zenodo). Masukkan nama Anda dalam kotak pencarian. Saya coba masukkan nama saya. Dari hasil pencarian nama saya muncul seperti pada tampilan screenshot berikut. File saya di Zenodo berupa PDF dari presentasi (PPT). Jika Anda seorang guru atau dosen sebaikan upload file berupa artikel atau materi pembelajaran.



Selanjutnya klik judul file, untuk melihat tampilan penuh.



Selanjutnya copy DOI-nya lalu paste-kan di ORCID, lalu klik button Retrieve work details, maka data file (artikel atau yang sejenisnya) akan masuk ke profil ORCID Anda.


Selanjutnya lihat screenshot berikut, silakan sesuaikan dan lengkapi metadata. 

Karena ini bukan artikel jurnal maka pilihan jenis datanya saya pilih other dan seterusnya.


Pastikan penyesuaian data sudah benar. Pada visibility setting, pilih everyone lalu klik Add to list.


Setelah Anda klik Add to list, maka akan masuk di profil ORCID Anda.


Selamat mencoba.[]

2 Comments