Mengurai Hard-to-read Sentence


Untuk mengecek grammar (tata bahasa) naskah hasil translasi, biasanya kita menggunakan software Grammarly. Apabila ada susunan kalimat yang susah dipahami oleh Grammarly, software akan memberikan komentar Hard-to-read Sentence (berat/susah dibaca)

Susunan kalimat/paragraf yang menurut Grammarly dinyatakan hard-to-read sentence, biasanya direkomendasikan untuk di-split menjadi beberapa kalimat. Karena biasanya berupa kalimat majemuk bertingkat. Salah satu cara mengatasi adalah dengan menggunakan bantuan Google Translate.

Paragraf versi bahasa Inggris tersebut copy dan paste ke Google Translate, lalu terjemahkan ke bahasa Indonesia. Selanjutnya, paragraf versi Indonesia tersebut kita pecah menjadi beberapa kalimat pendek (kalimat efektif). Kemudian switch/translate kembali ke bahasa Inggris. Selanjutnya cek lagi dengan Grammarly.

Grammarly dan Google Translate adalah sekedar Tools. Masih tetap membutuhkan beberapa penyesuaian. Tetapi setidaknya, cara ini cukup membantu bagi yang kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan seperti saya.

0 Comments