Copyright dan License dalam Jurnal Ilmiah, dua hal yang berbeda


Copyright adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta karya atau penerbit karya untuk mengontrol penggunaan, penyebaran, dan pengolahan karya tersebut. Dalam dunia jurnal, copyright adalah hal yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh penulis dan penerbit.

Dalam pengelolaan jurnal ilmiah, terkait hak cipta artikel, ada dua pola utama, 1) Hak cipta dipegang sepenuhnya oleh penulis. 2) Hak Cipta diserahkan kepada Jurnal.

Common Creative Licenses adalah lisensi yang memberikan hak kepada publik untuk menggunakan, memodifikasi, dan membagikan karya yang dilindungi hak cipta. Berikut adalah beberapa jenis Common Creative Licenses yang umum digunakan:

    1. Creative Commons Attribution (CC BY): Lisensi ini memperbolehkan publik untuk menggunakan, memodifikasi, dan membagikan karya, meskipun dengan beberapa syarat, seperti mencantumkan nama pencipta dan sumber asli.
    2. Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA): Lisensi ini memperbolehkan publik untuk menggunakan, memodifikasi, dan membagikan karya dengan syarat bahwa setiap modifikasi harus dilisensikan kembali dengan lisensi yang sama.
    3. Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC BY-NC): Lisensi ini memperbolehkan publik untuk menggunakan, memodifikasi, dan membagikan karya dengan syarat bahwa karya tersebut tidak boleh digunakan untuk keperluan komersial.
    4. Creative Commons Attribution-NoDerivatives (CC BY-ND): Lisensi ini memperbolehkan publik untuk menggunakan dan membagikan karya tanpa modifikasi.
    5. CC BY-NC-SA (Attribution-NonCommercial-ShareAlike): Lisensi ini memperbolehkan pengguna untuk memodifikasi dan berbagi karya dengan syarat mencantumkan nama penulis asli dan tidak menggunakan karya tersebut untuk tujuan komersial. Karya yang diubah harus diterbitkan kembali dengan lisensi yang sama (CC BY-NC-SA).
    6. CC BY-NC-ND (Attribution-NonCommercial-NoDerivs): Lisensi ini memperbolehkan pengguna untuk membagikan karya tanpa memodifikasi, dengan syarat mencantumkan nama penulis asli dan tidak menggunakan karya tersebut untuk tujuan komersial.
    7. Creative Commons CC0 adalah bahwa hak cipta yang melekat pada karya tersebut dilepaskan sepenuhnya oleh pemilik hak cipta. Setiap ciptaan yang diumumkan dengan ketentuan ini masuk ke domain publik tanpa mengindahkan ketentuan masa berlaku perlindungan hak cipta yang ada. Pencipta atau pemegang hak cipta memberikan kebebasan mengabaikan hak moral dan hak ekonominya sama sekali dengan menerapkan lisensi ini. Pencipta atau pemegang hak cipta dapat menerapkan atau pengguna ciptaan dapat menggunakan ciptaan dengan ketentuan ini sejauh hukum yang berlaku dapat mengakomodasi aktivitas ini. Dalam konteks hukum Indonesia, penggunaan lisensi ini tidak direkomendasikan, karena belum ada payung hukum yang mengakomodasi pendedikasian hak cipta pencipta atau pemegang hak cipta sepenuhnya ke domain publik sebelum masa berlaku perlindungannya berakhir.

Dalam jurnal ilmiah, Editor/publisher sudah menetapkan jenis Creative Commons License yang akan digunakan sebagai ketentuan jurnal. Penulis yang ingin menyumbangkan artikel ke jurnal tersebut harus menyetujui lisensi yang diterapkan pada karya mereka sebelum mengirimkan artikel mereka. Penggunaan lisensi Creative Commons pada jurnal akademik tetap memberikan kebebasan bagi penulis untuk mempublikasikan karyanya dengan memberikan akses kepada publik untuk memanfaatkan dan menyebarluaskan karya tersebut sesuai konsekuensi dari lisensi yang sudah ditetapkan Jurnal, seperti pengakuan dan citasi yang harus dilakukan.

Dalam pengajuan jurnal ke DOAJ, masalah Copyrigt & Licensing menjadi perhatian yang serius. Melaui Copyright & Licensing dapat dipahami siapakah pemegang hak cipta artikel, dan sejauhmana artikel tersebut dapat disebarkan dan digunakan.

Berikut sekedar contoh penulisan narasi Copyright and Licensing pada jurnal:

Hak Cipta dipegang penulis dengan Lisensi CC BY-SA

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original (klik di sini).

Hak Cipta dipegang jurnal dengan Lisensi CC BY-SA

The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement, 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original (klik di sini).

Hak Cipta dipegang jurnal dengan Lisensi CC BY-NC-SA

The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to published articles. Therefore, the author must submit a statement of the Copyright Transfer Agreement.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original (klik di sini).

Untuk jenis License lainya, silakan dirumuskan sendiri mengacu contoh di atas dengan menyesuaikan dengan konsekuensi masing-masing License.

Semoga bermanfaat.[HS]


Referensi

https://id.creativecommons.net/pilihan-lisensi-cc/

https://journal.walisongo.ac.id/index.php/walisongo/about/submissions#copyrightNotice

https://journal.walisongo.ac.id/index.php/JSW/about/submissions#copyrightNotice

https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Psikohumaniora/about/submissions#copyrightNotice

0 Comments